Teknologi Sistem Ekskresi Untuk Penanggulangan Penyakit

Teknologi Sistem Ekskresi Untuk Penanggulangan Penyakit Hotekno.com .

Teknologi Sistem Ekskresi Untuk Penanggulangan Penyakit. Seiring dengan berkembang dan munculnya teknologi terkini, dalam ilmu pengetahuan juga menghasilkan penemuan alat-alat medis. Alat medis yang berteknologi tinggi memang sangat diperlukan untuk menanggulangi berbagai penyakit untuk lebih efektif dan efisien. 

Dalam manusia terdapat banyak sistem dalam menjalankan kehidupan, salah satunya adalah sistem ekskresi. Sistem ekskresi merupakan sistem yang mengatur pengeluaran zat sisa di dalam tubuh tersebut. proses pengeluaran tersebut terdiri pengeluaran urine, feses, pernapasan, dan juga keringat. Adapun organ yang berperan dalam sistem ekskresi antara lain:

  • Ginjal : Ginjal adalah organ utama untuk mengeluarkan zat tidak dibutuhkan dalam tubuh.
  • Hati : Hati mempunyai peran dalam metabolism karbohidrat, lemak, dan juga protein. 
  • Kulit : Kulit mempunyai peran untuk mengeluarkan keringat dari kelenjar keringat di seluruh tubuh.
  • Usus besar : Usus besar berfungsi untuk menyalurkan limbah dalam bentuk padat yaitu feses. 

Ekskresi sendiri merupakan sebuah proses untuk mengeluarkan zat-zat sisa dalam tubuh. Zat hasil metabolisme di dalam tubuh harus dikeluarkan. Bila tidak zat tersebut akan menumpuk dan menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh. 

Teknologi sistem ekskresi dibuat untuk membantu sistem ekskresi di dalam tubuh yang memiliki gangguan. Berikut adalah beberapa macam teknologi sistem ekskresi antara lain:

1. Transplantasi ginjal 

transplantasi ginjal merupakan sebuah terapi penggantian ginjal dengan ginjal dari orang lain yang masih hidup atau sudah meninggal. Transplantasi ginjal menjadi pilihan untuk pasien yang menderita gagal ginjal atau pun penyakit ginjal dengan stadium akhir untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidupnya. Namun tentu saja bukan ginjal yang sembarangan, dibutuhkan serangkai tes yang memastikan kecocokan ginjal dari pendonor untuk pasien. 

Baca Juga :  Jaringan Komputer Terbaru 2020

2. Hemodialysis 

hemodialysis merupakan bahasa medis untuk cuci darah yang bertujuan membersihkan darah dari zat sisa metabolisme menggunakan proses penyaringan di luar tubuh. Hemodialysis dilakukan pada pasien yang menderita gagal ginjal. Hemodialysis menggunakan ginjal buatan yang disebut dialiser berisis cairan dialisat dan membrane selektif permeable dilengkapi juga dengan pengontrol aliran darah, suhu, dan tekanan. Tindakan hemodialysis juga didasarkan pada tingkat kerusakan ginjal. Jika pasien menderita gagal ginjal yang kronis maka dapat melakukan cangkok ginjal apabila tidak ingin cuci darah terus menerus. 

3. Cangkok kulit 

Cangkok kulit yang disebut juga dengan skin grafting merupakan sebuah tindakan untuk memindahkan sebagian hingga keseluruhan ketebalan kulit untuk orang yang membutuhkan dari pendonornya. Kulit yang dibutuhkan dapat berasal dari kulit sendiri atau donor dari orang lain. Biasanya kulit yang diambil adalah kulit pada bagian paha, punggung, perut, dan pantat. Tujuan dari cangkok kulit untuk menangani luka bakar serius atau parah yang mempunyai area luka luas. Selain itu cangkok kulit bertujuan untuk bedah rekonstruksi atau operasi plastic. 

Demikian Teknologi Sistem Ekskresi Untuk Penanggulangan Penyakit Yang Lebih Efektif Dan Efisien. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.