Ragam Prospek Lulusan Kimia Industri

Prospek Lulusan Kimia Industri Hotekno 2

Percepatan pembangunan industri merupakan salah satu tujuan utama yang dicanangkan pemerintah. Untuk mendukung hal tersebut, tentu diperlukan pula generasi – generasi muda yang menguasai betul mengenai teknologi dalam usaha untuk menyongsong era globalisasi pada masa mendatang. Salah satu bidang industri yang paling luas cakupannya adalah teknologi kimia industri, sehingga prospek bagi lulusan kimia industri pun dapat dikatakan terbuka lebar. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai Prospek Lulusan Kimia Industri, di antaranya :

Kebutuhan lulusan teknologi kimia industri dalam pembangunan industri di Indonesia

Indonesia yang merupakan negara berkembang, tentu memiliki pekerjaan rumah yang cukup besar dalam pengembangan berbagai industri di Indonesia, tak terkecuali terkait dengan industri kimia. Kebutuhan terkait lulusan teknologi kimia industri ini pun juga semakin banyak dari waktu ke waktu, sehingga Anda yang merupakan lulusan kimia industri akan selalu mendapatkan tempat dan kesempatan seluas – luasnya di dalam dunia kerja. 

Peranan teknologi kimia dalam bidang industri

Teknologi kimia industri pun sebenarnya tak hanya terpaku pada bidang industri yang terkait dengan teknik kimia. Anda yang merupakan lulusan dari teknologi kimia industri dapat pula berperan menjadi tenaga pendidik, bekerja di industri lingkungan, perbankan, konsultan, atau bahkan menjadi pegawai negeri sipil. Peranan teknologi kimia dalam bidang industri pun sangat luas. muai dari pengolahan bahan fraksi minyak bumi seperti propilen dan etilen dalam industri Petrokimia, industri makanan, hingga percampuran berbagai zat – zat kimia dengan komposisi yang tepat di dalam industri pembuatan cat. 

Prospek lulusan teknologi kimia industri

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teknologi kimia industri merupakan salah satu teknologi terkini yang senantiasa memerlukan lulusan teknik kimia dan membuka kesempatan selebar – lebarnya untuk lulusan ini. industri kimia cukup beragam dan dapat dikembangkan dengan lebih luas nyaris tanpa batas. Hal ini dapat Anda lihat pada berbagai bidang kehidupan, seperti :

  1. Bidang pertanian. Pada bidang ini, penerapan teknologi kimia industri ada pada kebutuhan pupuk dan insektisida yang tepat untuk usaha peningkatan hasil – hasil pertanian.
  2. Bidang konstruksi. Pada bidang konstruksi, diperlukan berbagai bahan seperti besi, semen, plastic hingga kaca yang dalam proses pembuatannya juga diperlukan generasi muda terpelajar yang paham benar mengenai industri kimia ini. 
  3. Bidang transportasi. Bidang transportasi juga tak lepas dari campur tangan teknologi kimia industri, yaitu terkait dengan bahan bakar, karet alam hingga cat yang digunakan khusus untuk alat transportasi Anda. 
  4. Bidang tekstil. Teknologi kimia industri juga cukup kental dalam bidang tekstil. Di masa sekarang, ada berbagai jenis tekstil yang tercipta dari serat – serat sintetis yang diberikan warna sedemikian rupa dengan menggunakan pewarna kimia khusus untuk produk tekstil.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.