Perkembangan Teknologi Hasil Pertanian Sangat Menarik Diperhatikan

Negara Indonesia tentu perlu memperhatikan perkembangan teknologi hasil pertanian. Anda semua tentu sudah tahu bahwa di Indonesia, industri agraria tentu sangat besar. Pertanian pangan dan untuk bahan perindustrian di Indonesia bisa dibilang value-nya terus naik. Tentu saja ukuran ini belum cukup untuk swasembada, tapi dari segi volume produksi, hasilnya sangat besar.

Bentuk Perkembangan Teknologi Pertanian di Indonesia

Perkembangan Teknologi Hasil Pertanian Hotekno.com

Perkembangan dari segi jumlah volume dan value ini tentu tidak aneh mengingat peningkatan teknologi pertanian banyak mendukung kemajuannya. Teknologi pertanian di Indonesia yang ada masih menyelaraskan padat karya dan penggunaan alat modern. Pertanian yang berkembang ini tentu saja ditujukan agar buruh tani tetap bisa bekerja walaupun menggunakan peralatan yang canggih.

Karena pilihan penggunaan teknologi seperti ini, tentu saja perkembangan teknologi hasil pertanian Indonesia berbeda dengan banyak pertanian di luar negeri. Di Indonesia, peralatan yang berkembang adalah integrasi penggunaan internet dan juga remote work. Jadi dengan menggunakan aplikasi, petani bisa melakukan penjadwalan untuk pemupukan, memantau kadar air di sawah dan bahkan mengatur aliran air di kebun hidroponik.

Bentuk teknologi ini tentu saja tidak muncul begitu saja. Banyak teknologi yang digunakan ini berasal dari riset dan uji coba dari para mahasiswa serta para pengusaha. Mahasiswa biasanya mengembangkan konsep sebagai betuk skripsi ataupun sekedar mencari penemuan baru. Dari konsep yang dipikirkan para peneliti muda ini, para pebisnis mengembangkannya agar lebih kongkret. Modal yang pengusaha ini miliki adalah hal yang membuat teknologi ini bisa ada di tangan masyarakat.

Potensi Baru yang Masih Bisa Digali

Perkembangan Teknologi Hasil Pertanian Hotekno.com

Para pengusaha tentu masih pilih – pilih seputar teknologi yang akan dikembangkan dan dikomersialkan ini. Banyak start-up sekarang bahkan sedang mencari potensi teknologi terbaru yang bisa dijadikan peluang usaha dan bisnis.

Baca Juga :  4 Teknologi Terbaru 2020 yang Canggih dan Unik

Mencari inspirasi untuk pemenuhan kebutuhan teknologi pertanian tentu masih ada banyak, tapi pasar juga harus pas ukurannya. Jika pengguna teknologi ini hanya sedikit, tentu usaha yang diharapkan tidak akan besar.

Alat pembuat pupuk otomatis dari bahan sisa ladang tentu akan lebih laku jika dibandingkan alat yang lebih niche hanya untuk tanaman tertentu. Walaupun begitu, bukan berarti alat yang niche ini tidak menarik dikembangkan, masalahnya potensi pasar harus digali lagi agar ada motivasi bagi pebisnis untuk mengembangkannya.

Dukungan Pemerintah

Perkembangan Teknologi Hasil Pertanian Hotekno.com

Perkembangan teknologi yang baru – baru ini terjadi tentu harus mendapatkan dukungan pemerintah. Jika ada penelitian teknologi pertanian baru yang menarik, tapi terlalu niche untuk direalisasikan, pemerintah bisa menggelontorkan dana untuk realisasinya. Hal ini tentu akan membuat teknologi pertanian yang baru akan cepat bermunculan.

Sekian bahasan tentang teknologi pertanian ini. Mudah – mudahan hal ini dapat membuka pengetahuan Anda soal perkembangan teknologi hasil pertanian di Indonesia. 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.