Perkembangan Teknologi AI Di Dorong Oleh Game

Perkembangan Teknologi AI Hotekno

Anda tentu tahu bahwa Teknologi AI adalah hal yang sangat kompleks. Jika membahas AI tentu saja bayangan Anda selalu mengarah ke masa depan. Namun tahukah Anda bahwa perkembangan teknologi kecerdasan artifisial ini didorong oleh game? Banyak orang tentu tidak sadar bahwa media games adalah aspek yang mendorong banyak peneliti untuk membuat AI yang lebih baik. Marilah Kita simak bersama Perkembangan Teknologi AI berikut ini.

Games Sangat Bergantung Pada AI

Bagi Anda yang hobi gaming, Anda tentu melihat segala hal dalam game sering dihubungkan dengan AI. Hal seperti AI untuk musuh, AI untuk NPC dan bahkan AI dunia dalam game pasti pernah Anda temukan.

Bayangkan saja jika teknologi AI ini tidak ada. Musuh dalam game tentu tidak akan menantang karena interaksi yang terbatas. Tapi dengan AI, mereka akan bisa belajar dari set rules yang ditetapkan game dan berusaha menang dari Anda. Hal ini tentu bisa jadi pengalaman bermain game yang menantang dan lebih seru.

AI sendiri menjadi hal yang berbeda dan dikembangkan secara khusus tergantung dari gamenya. Sebagai contoh, game Starcraft 2 menggunakan AI untuk dapat menyamai kemampuan atlet eSports untuk rekan simulasi dan latihan. Sedangkan pada game simulasi seperti Civilization, AI untuk para karakter pemimpin negara dirancang dengan personalitas yang unik. Jadi interaksi Anda dengan para AI pemimpin negara ini akan terasa fresh dan seperti bertarung dengan karakter orang sungguhan.

Integrasi Deep Mind Ke Banyak Game Esports

Pada tahun 2017 dan 2018 lalu, Deep Mind yang merupakan program pengembangan AI dari Google, telah berkerja sama dengan banyak game eSports. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan AI dalam belajar dari pengalaman mereka bermain.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A70s Terbaru

Deep Mind adalah project yang bertujuan agar AI bisa melakukan self-learning. Konsep teknologi terbaru untuk AI ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi dalam hal Deep Mind, proses belajar ini dibuat lebih kompleks dengan memberikan masalah – masalah yang sulit dipecahkan.

Sebelumnya Deep Mind sudah diintegrasi dalam permainan catur dengan tujuan menghasilkan AI yang tidak terkalahkan. Para grand master banyak yang diadu dengan AI ini dan tentu ada yang kalah dan ada yang menang. Proses belajar dari AI ini juga dibatasi dengan parameter seperti manusia. Hal seperti kemampuan berpikir dan juga reaksi, sudah di seting agar AI tidak melakukan hal curang dalam game catur.

Di dalam game, hal ini juga dilakukan. Pihak AI dibatasi APM-nya saat test di game DoTA 2 dan Starcraft 2. Hasilnya, Deep Mind sudah mengalami kemajuan dan selalu dipamerkan dalam event eSports. Banyak orang berharap, perkembangan AI ini bisa makin cepat karena project seperti ini.

Harapan Kedepan

Jika Perkembangan Teknologi AI sudah sangat maju, manusia bisa memanfaatkannya untuk mengoperasikan robot. Robot – robot yang didesain untuk tugas tertentu bisa jadi pembantu manusia dalam menjalankan tugas sehari – hari. Bayangkan saja semua tugas yang berbahaya seperti bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir, tidak perlu lagi interaksi manusia. Hal ini tentu membuat pekerjaan makin aman dan efisien.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.