Pentingkah Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik?

Teknologi Laboratorium Medik 2

Teknologi laboratorium medik juga dikenal dengan istilah analisis kesehatan. Tenaga ahli dalam analisis kesehatan ini memiliki tanggung jawab penuh dalam mengembangkan teknologi terbaru yang berkaitan dengan kesehatan seperti obat terbaru dan alat canggih yang dapat meminimalisir dampak dari suatu penyakit. Untuk mengetahui secara detail apa alasan dari pentingnya tenaga ahli di bidang ini, simak penjelasan berikut. 

Pemeriksaan Secara Luas

Penelitian yang dilakukan oleh tenaga ahli di bidang analisis kesehatan memiliki cakupan wilayah yang lebih luas. Mulai dari pemeriksaan kimia klinik seperti glukosa, enzim, hormone, lipid dan protein. Selain itu juga ada pemeriksaan mengenai imunologi yang meliputi antigen dan antibodi serta pemeriksaan mikrobiologi untuk mendeteksi berbagai bakteri yang menyebabkan penyakit. 

Dalam beberapa kasus, pasien pengidap kanker darah juga diperiksa menggunakan teknologi laboratorium medik guna pemeriksaan hematologi. Analisis yang dilakukan secara hematologi ini akan berfokus pada sel-sel darah serta plasma darah yang terdapat di dalam tubuh manusia. 

Diagnosis dari Jenis Penyakit Tertentu

Peran pentingnya dalam dunia medis tidak diragukan lagi. Ketika ada suatu fenomena di mana banyak orang yang mengidap penyakit tertentu, maka yang bertugas sebagai peneliti penyakit itu adalah pihak ahli analisis. Mereka akan mengambil beberapa sampel dan meneliti apa yang menyebabkan penyakit tersebut dapat menyerang manusia sebanyak itu. 

Diagnosis dari penyakit tertentu tersebut juga bisa diperoleh secara akurat dalam jangka waktu singkat. Analisis kesehatan ini sangat dibutuhkan oleh dokter, perawat dan juga apoteker sehingga dapat memastikan tindakan yang tepat dan dosisi yang akurat dengan kondisi kesehatan pasien. 

Mencegah Penyebaran Penyakit Menular

Tenaga ahli teknologi laboratorium medik juga berperan penting dalam mencegah penyebaran penyakit menular. Peran analisis kesehatan cukup besar dalam mencegah penyebaran suatu penyakit dalam satu wilayah tertentu. Para tenaga ahli ini akan memberikan beberapa pelayanan kesehatan dan menemukan penyebab dari penyebaran penyakit tersebut. 

Baca Juga :  Teknologi Sistem Ekskresi Untuk Penanggulangan Penyakit

Obat-obatan yang diracik oleh apoteker juga membutuhkan peran para analisis kesehatan karena mereka bisa mengetahui apa penyebab penyakit dan apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya. Seperti ketika pil kina ditemukan sebagai obat malaria. Para analisis kesehatan akan meneliti apa kandungan pohon kina sehingga disesuaikan dengan kondisi tubuh ketika terjangkit malaria. Semua itu butuh proses sehingga terciptalah pil kina. 

Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Keterikatan antara teknologi laboratorium medic dengan lingkungan tidak bisa dilepaskan karena ketika pencemaran dan kerusakan lingkungan terdeteksi lebih cepat maka kehidupan manusia akan lebih terjamin kesehatannya. Seperti proses penemuan penyebab munculnya virus rabies dan lain sebagainya yang bisa dicegah dengan berbagai hal. 

Kontribusi Penemuan Ilmiah

Kontribusi teknologi laboratorium medik dalam aspek kehidupan manusia memang tidak diragukan lagi karena tidak hanya untuk kelangsungan hidup saja, para tenaga ahli ini juga dapat berkontribusi dengan ilmuwan, tenaga medis maupun masyarakat secara umum. 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.