Pengertian Dan Fungsi Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

Pengertian Dan Fungsi WAN -Hotekno.com

Pengertian Dan Fungsi WAN. Teknologi terkini dari jaringan komputer terus saja mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satunya teknologi komputer yang paling populer dan banyak digunakan adalah teknologi jaringan. Teknologi jaringan merupakan teknologi yang menghubungkan antara komputer dengan komputer lainnya dalam satu tujuan tertentu. 

Merujuk pada luas jangkauannya, suatu jaringan komputer sendiri terbagi menjadi 3 kategori yaitu teknologi jaringan berbasis luas atau Wide Area Network, lalu ada Metropolitan Area Network , Local Area Network , dan internet atau jaringan komputer dari seluruh dunia. Pada artikel ini akan lebih khusus membahas tentang teknologi jaringan berbasis luas atau WAN. 

Pengertian WAN 

Teknologi jaringan berbasis luas atau WAN merupakan jaringan komputer yang mampu mencakup area yang luas dan besar misalnya antar wilayah, kota, atau negara. Sehingga disebut juga sebagai jaringan yang memerlukan saluran komunikasi public dan juga router. 

Jaringan WAN ini memiliki jaringan dengan jarak yang sangat luas, sebab radius jaringan mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN digunakan oleh sarana fasilitas transmisi misalnya telepon, satelit atau kabel bawah laut. Transmisi tersebut bahkan sangat beragam mulai dari 2 Mbps, hingga 625 Mbps bahkan dapat lebih. Terdapat beberapa faktor khusus yang mempengaruhi desain dan juga kinerjanya pada komunikasi misalnya jaringan telepon, satelit, dan lain sebagainya. 

Teknologi jaringan berbasis luas atau WAN juga didefinisikan sebagai sebuah jaringan dengan jangkauan luas mencakup daerah geografis, negara, dan juga benua. Jaringan ini juga dapat memungkinkan terjadinya sebuah komunikasi antara dua perangkat dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. 

Fungsi jaringan WAN 

Beberapa fungsi dari teknologi jaringan berbasis luas ini sebagai berikut:

1. Mengintegrasikan jaringan LAN serta MAN

Baca Juga :  Apa Sebenarnya Teknologi Digital Fisika Itu?

Fungsi utama yang dimiliki oleh WAN adalah dapat mengintegrasikan jaringan LAN dan MAN menjadi satu jaringan. Fungsi ini sangat berguna bagi perusahaan yang memiliki lebih dari satu kantor cabang di luar kota dan juga luar negeri. Dengan bantuan jaringan WAN, setiap kantor cabang dapat langsung saling terhubung. 

2. Arus komunikasi dan informasi yang mudah dan cepat

Jaringan komputer WAN juga memberikan kemudahan serta mempercepat arus informasi dan komunikasi. Misalnya untuk komunikasi kantor cabang menuju kantor pusat. Contohnya kantor cabang yang ada di Pulau Sumatera harus mendapatkan informasi dari kantor pusat di Pulau Jawa. Jika tidak dengan jaringan WAN tentu saja hal tersebut akan berjalan sulit dan lama. 

3. Menghemat biaya operasional 

Dengan adanya jaringan WAN biaya operasional juga akan menjadi baik dan lebih hemat. Dimana hal ini sangat mempengaruhi efisiensi waktu serta tenaga. Sehingga kinerja menjadi lebih efektif dan efisien. Misalnya sebuah kantor cabang tanpa adanya jaringan WAN, harus mengambil data atau informasi dengan datang langsung menuju kantor pusat. Tentu saja hal ini akan membuat biaya transportasi menjadi bengkak dan bertambah.

Itulah beberapa Pengertian Dan Fungsi WAN. Semoga dengan adanya artikel ini Anda menjadi memahami lebih mendalam tentang WAN. 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.