Mengapa Mobil Listrik Menjadi Teknologi Masa Kini yang Populer?

Mobil Listrik Terbaru 2

Perkembangan teknologi masa kini seputar otomotif sepertinya mulai fokus ke mobil listrik. Teknologi mobil listrik tentu sudah ada sejak lama, tapi setelah Tesla mempopulerkan genre mobil ini, banyak perusahaan lain yang ingin ikut mengembangkan genre mobil listrik. Beberapa waktu lalu Ford sebagai produsen mobil truck pick-up yang populer mengumumkan bahwa peluncuran truck berikutnya akan memiliki versi tenaga listrik.

Mengapa banyak produsen otomotif tiba – tiba beralih ke pasar mobil listrik? Mengapa popularitas mobil tipe ini baru melejit beberapa tahun terakhir? Jika ingin jawabannya, mari bahas faktor – faktor yang mempengaruhi berikut ini!

1. Perkembangan Battery Listrik yag Makin Compact

Generasi awal mobil listrik masih menggunakan battery dari ACCU. Tapi karena perkembangan teknologi, teknologi terbaru battery yang digunakan mobil listrik sudah merupakan modifikasi dari battery Lithium. Penggunaan battery yang lebih compact dan tentunya bisa menyimpan lebih banyak energy ini bisa jadi base yang baik untuk tenaga mobil.

Selain itu battery ini lebih ringan. Jadi desain dari mobil yang dibuat bisa lebih baik. Jika mengambil contoh mobil generasi pertama Tesla Roadster adalah mobil yang sporty dengan casing dan body dari perusahaan Lotus. Hal ini membuat stigma tampilan mobil listrik bisa jadi keren.

2. Tesla Menjadi Panutan yang Sudah Terbukti

Banyak produsen menghindari bisnis mobil listrik karena takut risikonya. Perusahaan yang berani memperjual belikan mobil tipe ini biasanya tidak populer dan hanya perusahaan kecil. Namun kesuksesan Tesla mengubah hal ini.

Banyak perusahaan lain akhirnya mencontoh Tesla untuk kebutuhan desain dan juga teknologi yang diaplikasikan. Bisa dibilang banyak produsen terpengaruh kepopuleran Tesla sebagai mobil listrik teknologi masa kini. Selain meniru desain mesin dan penggunaan teknologi energy battery, mobil listrik terkenal memiliki banyak fitur hi-tech yang tentu banyak disukai masyarakat.

Baca Juga :  Ragam Prospek Lulusan Kimia Industri

3. Tersediannya Infrastruktur yang Memadai

Kepopuleran mobil Tesla membuat banyak tempat menyediakan tempat charge listrik. Hal ini tentu masih terbatas di area Eropa dan Amerika. Tapi jika semisal di Indonesia tersedia infrastruktur pengisian listrik mobil yang lebih mudah, mungkin di Indonesia mobil listrik juga akan jadi populer. Karena infrastruktur yang sudah tersedia ini, banyak produsen akhirnya banyak orang tidak takut lagi membeli mobil listrik.

4. Kesadaran Masyarakat Akan Kendaraan Eco Friendly

Popularitas mobil listrik tentu jadi hal yang menarik dibahas saat ini. Kesadaran masyarakat tentang kendaraan eco-friendly sangat berbeda dari era sebelumnya. Kesadaran inilah yang membuat popularitas mobil naik. Karena populer, banyak produsen juga ingin mengembangkan mobil listrik sendiri agar menarik pasar yang suka hal ini.

Sekian bahasan faktor – faktor yang membuat teknologi masa kini seputar otomotif mengarah ke konsep mobil listrik. Semoga bahasan ini berguna bagi Anda.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.