Hal-hal Yang Berpengaruh Pada Kualitas Foto Android

Hal hal Yang Berpengaruh Pada Kualitas Foto Android Hotekno

Hal-hal Yang Berpengaruh Pada Kualitas Foto Android. Xiaomi dan Realme baru-baru ini memulai (lagi) perang kamera smartphone. Berbekal sensor ISOCELL Bright GW1 yang sebenarnya dibuat oleh Samsung, kedua raksasa telepon seluler Tiongkok ini justru jadi yang pertama menyisipkan sensor kamera 64 MP. Hal ini tentu menjadi menu utama bagi berita smartphone hari ini. Belum selesai dengan sensasi Duo Realme 5 yang murah namun bertenaga, kehadiran Realme XT dan Redmi Note 8 Pro semakin membingungkan para user dengan pilihan kemampuan fotografi teknologi android yang jauh lebih besar dari sensor kamera DSLR atau Mirrorless Profesional. Namun apakah faktor sensor saja cukup untuk menunjang kualitas hasil jepretran? Berikut ini hal-hal yang memengaruhi kualitas foto kamera smartphone :

1. Ukuran Pixel

Ukuran pixel merupakan kepadatan gambar yang dihasilkan oleh sistem kamera. Hal inilah yang sering kali menjadi senjata para produsen yang ditawarkan kepada konsumen. Namun ukuran pixel (dalam Mega Pixel) bukan menjadi jaminan bahwa kualitas gambar pasti baik. Megapixel mencermikan berapa kepadatan pixel yang dihasilkan dalam sebuah gambar. Semakin besar angkanya, semakin besar pula kepadatan pixel yang ditawarkan.

2. Sensor Kamera

Sensor kamera belakangan menjadi pembicaraan berita smartphone hari ini. Gebrakan Samsung dengan Isocell nya membuat banyak yang bertanya seberapa pentingkah sensor kamera? Sensor ini merupakan elemen yang berfungsi mengubah cahaya menjadi sinyal elektronik yang ditangkap melalui lensa kamera. Sensor berfungsi memproses data dari cahaya tersebut, dan di tampilkan dalam bentuk gambar.  Sensor kamera ini juga mewadahi berbagai kemampuan seperti kapasitas menampung cahaya, kepekaan membaca kontur cahaya, kecepatan autofokus, dan masih banyak lagi. Ia adalah nyawa bagi kamera.

Baca Juga :  Perkembangan Teknologi Hasil Pertanian Sangat Menarik Diperhatikan

3. Aperture

Aperture atau diafragma merupakan ukuran seberapa besar lubang di balik lensa terbuka untuk menerima cahaya. Dalam fotografi, F/ merupakan simbol bagi diafragma. Jika melihat spesifikasi smartphone saat ini, kebanyakan kamera smartphone menawarkan diafragma lensa antara F/1,2- F/2,4. Semakin kecil angka di belakang F/, menggambarkan bahwa lubang yang tersedia semakin lebar. Dengan demikian, semakin kecil angkanya maka cahaya yang masuk semakin banyak dan memungkinkan memotret pada kondisi cahaya minim.

4. Jenis Lensa

Lensa merupakan elemen yang berfungsi menangkap objek yang hendak difoto sebelum disampaikan kepada sensor. Kualitas dan jenis lensa juga akan berpengaruh pada kualitas foto. Pernah menemukan foto yang buram dan tidak tajam? Biasanya hal ini terjadi akibat adanya goresan atau sidik jari pada lensa kamera. Akibatnya, pembiasan cahaya di dalam elemen lensa menjadi tidak maksimal dan mengakibatkan foto yang dihasilkan buram. Selain itu, tidak semua elemen lensa pada smartphone sama. Ada banyak hal yang membedakan masing-masing, misalnya kemampuan optical zoom serta kualitas distorsi cahaya.

Itulah Hal-hal Yang Berpengaruh Pada Kualitas Foto Android. Semoga bermanfaat bagi pengguna android.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.