Cara Uninstall Steam di Windows

Jika kamu tidak asing dengan sebuah aplikasi bernama Steam ini, kemungkinan kamu merupakan orang yang suka bermain game atau setidaknya suka dengan berita perkembangan dunia industri game. Jadi bagi kamu yang masih sedikit asing dengan Steam, ia adalah sebuah penyedia layanan distribusi game secara digital untuk game PC. Secara garis besar bisa dikatakan Steam adalah online shop nya para gamer.

Seperti kebanyakan distributor game, Steam menyediakan dan mengharuskan penggunanya untuk memakai aplikasi khusus dimana semua fitur dan layanan dari Steam ada di dalamnya. Sehingga lebih mudah terjalin koneksi dan komunikasi antara setiap pihak yang terhubung di dalamnya. Dan aplikasi Steam ini bisa diperoleh melalui halaman resminya di Steampowered. Namun dalam posting ini yang akan dibahas adalah cara menghapus atau uninstall aplikasi Steam dari Windows.

Pembahasan dalam artikel ini adalah tentang bagaimana menghapus atau uninstall Steam di Windows, jika sebenarnya kamu hanya ingin memindahkan lokasi folder instalasinya, kamu bisa baca cara memindahkan lokasi instalasi Steam. Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara uninstall aplikasi Steam, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penting!

Proses ini akan menghapus Steam dan semua game yang telah ter-install di PC kamu. Jika kamu berencana untuk meng-install kembali Steam dan game yang ada di dalamnya dalam waktu dekat, disarankan untuk menyalin/copy folder Steamapps yang ada di dalam folder instalasi Steam (secara default ada di C:\Program Files\Steam\Steamapps).

Peringatan!

Proses uninstall ini juga akan secara otomatis menghapus folder di mana Steam tersebut ter-install. Oleh karena itu jika kamu secara tidak sengaja meng-install Steam pada lokasi yang di dalamnya bukan hanya terdapat file Steam. Misalnya kamu install di C:\Program Files\ dan bukan di C:\Program Files\Steam\, maka JANGAN uninstall dengan cara biasa. Kamu perlu menghapusnya secara manual yang dijelaskan di bawah.

Cara Uninstall Steam

Pada dasarnya aplikasi ini sama saja dengan aplikasi pada umumnya yang ada di Windows, jadi secara umum dapat dihapus dengan cara yang umum pula. Akan tetapi secara lebih mendetail bisa kamu perhatikan pada langkah-langkah berikut ini.

  1. Silakan exit atau keluarkan aplikasi Steam kamu jika masih terbuka. Pastikan sudah tidak aktif di tray icon yang ada di taskbar.
  2. Pindahkan folder Steamapps (yang ada di dalam folder instalasi Steam) jika kamu ingin mem-backup file game yang telah kamu install.
  3. Setelah itu silakan buka menu Start dan temukan menu untuk membuka Control Panel. Langkah ini akan berbeda-beda tergantung versi Windows yang kamu gunakan, tetapi secara umum bisa kamu temukan dengan menulis “control panel” di pencarian di menu Start.
  4. Setelah itu silakan buka menu untuk menghapus aplikasi terinstal dengan cara klik pilihan Uninstall a program. Lalu akan terbuka daftar seluruh aplikasi yang terpasang di PC kamu, silakan cari aplikasi bernama Steam. Silakan uninstall aplikasi tersebut dengan mengikuti petunjuk yang tampil di PC kamu.

Sampai di sini seharusnya kamu sudah berhasil menghapus aplikasi Steam dari PC kamu, cara di atas merupakan cara yang umum digunakan untuk uninstall sebuah aplikasi di Windows. Namun dalam berbagai kasus dan kemungkinan, kamu bisa saja butuh cara lain untuk uninstall aplikasi Steam dari PC kamu. Oleh karena itu, berikutnya dibahas tentang cara manual uninstall Steam di Windows.

Cara Manual Uninstall Steam

Peringatan! Menggunakan cara manual ini memerlukan perubahan manual pada registry, karenanya langkah ini butuh perhatian lebih. Jangan hapus apapun pada registry Windows kamu jika kamu tidak yakin tentang itu. Oleh sebab itu harap gunakan cara manual ini sebagai langkah terakhir.

  1. Pertama tama pastikan kamu telah mengeluarkan aplikasi Steam kamu jika masih terbuka. Pastikan sudah tidak aktif di tray icon yang ada di taskbar.
  2. Buka folder instalasi Steam, secara default biasanya ada di C:\Program Files\Steam atau C:\Program Files\Valve\Steam.
    • Jika kamu ingin melakukan backup terhadap file game yang sudah ter-install di PC kamu, silakan pindahkan folder SteamApps ke tempat yang aman.
    • Tetapi jika kamu yakin untuk uninstall Steam beserta game-nya, silakan abaikan langkah backup tersebut.
  3. Selanjutnya silakan hapus semua file dan folder yang ada di dalam direktori folder Steam.
  4. Setelah itu kamu perlu membuka Registry Editor. Ada banyak cara untuk membukanya, cara paling mudah silakan buka menu Start kemudian tuliskan “registry editor” sebagai kata kunci pencarian.
  5. Kemudian pada Registry Editor, kamu perlu membuka direktori registry dari Steam. Di sini akan berbeda untuk Windows 32-bit dan Windows 64-bit. Silakan sesuaikan dengan Windows yang kamu gunakan.
    Untuk 32-bit, buka: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Valve\.
    Untuk 64-bit, buka: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Valve\.
  6. Setelah membuka direktori tersebut, silakan klik kanan pada folder Valve dan pilih Delete.
  7. Setelah itu silakan kembali buka direktori HKEY_CURRENT_USER\Software\Valve\Steam yang ada di Registry Editor pada kolom yang ada di sebelah kiri.
  8. Kemudian sekali lagi silakan klik kanan folder Valve dan pilih Delete, dan silakan keluar dari Registry Editor.

Sampai di sini seharusnya aplikasi Steam yang ada di PC kamu sudah berhasil di uninstall. Jika kamu ragu apakah file berkas instalasi Steam sudah terhapus semuanya atau belum, kamu bisa coba bandingkan nama-nama filenya dengan membandingkannya dengan sebuah instalasi baru. Ini hanya jika kamu meng-install Steam bukan pada folder khusus atau terdapat file lain di dalam folder instalasi tersebut yang tidak ingin kamu hapus.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk uninstall Steam yang ada di Windows, baik dengan cara otomatis (seperti aplikasi pada umumnya) maupun secara manual yang hanya dilakukan dalam kondisi tertentu. Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal-hal yang ingin kamu sampaikan atau tanyakan, silakan tulis pada kotak komentar di bawah. Terima kasih dan sampai jumpa!

Leave a Comment