Fungsi Dan Cara Kerja Teknologi Fiber Optik

fiber optic 2

Teknologi terus mengalami berbagai perkembangan di berbagai jenis bidang. Salah satu teknologi terkini adalah fiber optik. Mungkin Anda saat melintas di jalan raya sering melihat galian serat optic. Teknologi fiber optik sendiri merupakan saluran transmisi kabel terbuat dari kaca atau plastic yang halus bahkan lebih kecil dan halus dari sehelai rambut. Fiber optik juga berfungsi untuk mentransmisikan sinyal cahaya satu tempat ke lainnya. sedangkan sumbernya berasal dari sinar laser atau LED. Marilah kita bahas bersama sama Fungsi Dan Cara Kerja Fiber Optik.

Teknologi fiber optik terdiri dari bagian inti atau core, bagian cladding atau bagian pelindung, bagian coating atau buffer, dan bagian strength member dan outer jacket atau pelindung utama fiber optik. 

Fungsi fiber optik 

Teknologi fiber optik berfungsi untuk menghubungkan komputer dalam jaringan komputer. Perbedaan fiber optik dengan kabel lainnya adalah kemampuan untuk mengakses dan mentransfer data yang lebih cepat. Fiber optik bahkan tidak mendapatkan gangguan elektromagnetik seperti kabel lain karena fiber optik tidak mempunyai arus listrik. 

Cara kerja teknologi fiber optik 

Cara kerja dan prinsip dari teknologi fiber optik berbeda dari jenis kabel lain pada umumnya. Untuk kabel line data akan ditransmisikan menggunakan aliran listrik. Sedangkan fiber optik menggunakan cahaya dari konversi aliran listrik sehingga tidak tergantung oleh gelombang elektromagnetik atau gelombang radio. 

Teknologi fiber optik juga menggunakan serat kaca untuk bahan penyusun. Sehingga memperoleh refleksi pantulan cahaya tinggi dari cermin sehingga menjadi lebih cepat dengan jarak yang tidak terbatas. Proses kinerja dari teknologi fiber optik juga lebih efisien karena pantulan cahaya dari kemurnian bahan fiber. Bahan gelas yang  semakin murni juga akan berpengaruh untuk menyerap cahaya yang semakin sedikit. 

Baca Juga :  Pentingkah Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik?

Kelebihan fiber optik 

Teknologi fiber optik mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan kabel lainnya. berikut adalah kelebihan dari fiber optik antara lain:

  1. Transmisi berkecepatan tinggi hingga mencapai 1GB per detik.
  2. Dapat mentransmisi data yang berjarak jauh tanpa didukung penguat sinyal.
  3. Terbuat dari kaca dan plastik yang tahan karat.
  4. Ukuran yang kecil sehingga lebih fleksibel.
  5. Menggunakan gelombang cahaya yang tidak tergantung gelombang elektromagnetik atau gelombang radio. 
  6. Tidak mempunyai kandungan listrik sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran yang bisa disebabkan oleh korsleting. 
  7. Minim distorsi. 

Kekurangan teknologi fiber optik 

Teknologi fiber optik mempunyai banyak kelebihan, namun bukan berarti sama sekali tidak disertai dengan kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari fiber optik antara lain:

  1. Biaya perawatan dan instalasi yang lebih mahal dibandingkan kabel jenis lainnya.
  2. Dibutuhkan adanya sumber cahaya yang lebih kuat. 
  3. Dibutuhkan jalur yang berbelok untuk memasang kabel agar dapat memaksimalkan kecepatan dan kelancaran transmisi cahaya. 

Demikian Fungsi Dan Cara Kerja Fiber Optik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memahami pembaca tentang Fungsi Dan Cara Kerja Fiber Optik.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.