Berbagai Teknologi Perikanan yang Sedang Naik Daun Sekarang

Perkembangan teknologi perikanan tentu terus terjadi. Tapi untuk popularitas, terkadang teknologi yang sudah lama ditemukan mulai digunakan secara lebih luas. Pada artikel ini mari bahas teknologi hasil perikanan di Indonesia yang sekarang mulai naik daun!

Menggunakan Enceng Gondok Untuk Meregulasi Oksigen

Dalam perkembangan teknologi perikanan tambak, banyak orang mulai menyadari kehebatan enceng gondok untuk meregulasi oksigen pada kolam. Enceng gondok adalah tanaman yang menghasilkan oksigen tapi karena kemampuannya berkembang cepat, terkadang tanaman ini menutupi permukaan. Masalah menutupi permukaan ini terkadang memiliki efek negatif pada perkembangan ikan tambak.

Namun jika Anda bisa meregulasi jumlah enceng gondok ini, Anda bisa dapatkan alat kontrol oksigen tambak. Pengaturan oksigen ini bisa dilakukan untuk menstimulasi ikan. Lebih banyak oksigen artinya ikan akan makin aktif, namun semakin sedikit oksigen akan menghasilkan perilaku yang sebaliknya. Penggunaan teknologi alami ini tentu bisa membuat Anda meningkatkan napsu makan ikan ataupun menstimulasi kawin jika diperlukan.

Penggunaan Sensor Air Dalam Kolam Tambak

Masih seputar teknologi hasil perikanan tambak, sekarang ini sensor air tentu makin menarik. Jika Anda memiliki kolam pemancingan ataupun kolam tambak, teknologi sensor air ini bisa memberitahu soal data seputar air yang digunakan.

Hal seperti suhu, kandungan di dalamnya, PH dan ketinggian air bisa diukur dengan alat sensor ini. Selain itu, alat ini bisa dihubungkan dengan aplikasi. Jadi Anda yang mengamati kondisi air kapan saja dari smartphone. Sebagai peternak ikan, hal ini tentu sangat membantu.

Masalah menjaga kondisi air untuk perkembangan ikan tentu adalah hal yang sulit. Tapi dengan adanya sensor teknologi terbaru ini, Anda tidak perlu lagi repot. Instalasinya tentu agak sulit pada awalnya, karena Anda harus memastikan alat ini aman dan perangkatnya tetap kedap air. Walaupun begitu, keuntungan yang didapat setelah menyelesaikan proses instalasi tentu sangat berharga.

Baca Juga :  Ragam Prospek Lulusan Kimia Industri

Sonar dan Vibration Bait Untuk Memancing Ikan Besar

Dari perikanan darat mari bahas tentang perikanan di laut. Di Jepang dan Amerika penggunaan bait dengan sonar suara dan vibrasi air adalah hal yang sudah populer bertahun – tahun lalu. Nelayan Indonesia tentu masih banyak yang menggunakan kapal nelayan tradisional dan tidak bisa mengintegrasi hal ini.

Namun sekarang penggunaan kapal boat modern untuk berlayar sudah semakin umum. Karena penggunaan kapal ini, teknologi bati sonar dan vibration ini menjadi bisa dilakukan. Alat ini menyimulasi seakan – akan ada banyak ikan yang mengumpul di area sekitar kapal. Jadi para ikan besar akan tertarik mendekat dan bisa terpancing dengan lebih mudah.

Sekian bahasan tentang teknologi perikanan yang sekarang ini sedang naik daun. Mudah – mudahan hal info ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.