Berbagai Keunggulan Teknologi 5G yang Segera Hadir di Indonesia

teknologi 5G di Indonesia Hotekno.com

Perkembangan teknologi internet juga semakin pesat dari waktu ke waktu. Hal ini terbukti dari usaha percepatan layanan jaringan teknologi 5G di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai keunggulan hingga penerapan teknologi 5G di Indonesia, di antaranya :

1. Memberikan jeda minimal saat proses transfer data

Salah satu keunggulan dari teknologi terkini dari internet generasi kelima ini adalah jeda saat proses transfer data yang minimal (utra low latency). Teknologi 4G yang ada saat ini memiliki angka jeda transfer data yang mencapai 50 milidetik. Sebagai teknologi terbaru terkait koneksi internet, teknologi 5G ini diklaim memiliki angka jeda yang jauh lebih singkat, hingga mencapai 1 milidetik. Minimnya waktu jeda ini memungkinkan Anda Anda untuk mengoperasikan berbagai alat dengan basis 5G dengan gangguan yang minimal. 

2. Memungkinkan lebih banyak peralatan canggih terkoneksi dengan internet secara bersamaan

Keunggulan lainnya dari teknologi 5G ini adalah memungkinkan lebih banyak peralatan canggih untuk terkoneksi dengan internet secara bersamaan pada satu waktu. Tak hanya peralatan rumah, dan smartphone, teknologi 5G ini juga dapat terkoneksi dengan kendaraan Anda. lho. Namun, untuk hal ini, teknologi 5G di Indonesia masih memerlukan berbagai penyempurnaan.

3. Kecepatan transfer data hingga 800 gigabytes per detik (Gbps)

Hal lainnya yang membuat teknologi 5G ini begitu diidam – idamkan adalah kecepatan transfer data yang luar biasa, di mana mencapat 800 gigabytes per detik. Hal ini tentu menjadi pengembangan signifikan dari teknologi 4G yang ada pada saat ini, di mana teknologi 4G hanya dapat memproses transfer data dengan kecepatan antara 100 MB hingga 1 GB per detiknya. 

Baca Juga :  Berbagai Teknologi Perikanan yang Sedang Naik Daun Sekarang

Dengan kecepatan unduh yang dimiliki teknologi 5 G ini, bahkan Anda sebagai pengguna internet dapat melakukan pengunduhan film dengan kualitas high definition (HD) mencapai jumlah 30 hanya dalam hitungan detik. Perubahan yang cukup signifikan ini tentu telah ditunggu – tunggu oleh masyarakat luas.

Penerapan teknologi 5G di Indonesia

Mengenai penerapan teknologi 5G di Indonesia, sepertinya masyarakat masih harus menunggu beberapa saat. Pasalnya, banyak pihak termasuk Menteri Kominfo, menilai bahwa Indonesia sebenarnya belum terlalu siap dengan gebrakan teknologi 5G ini, di mana sebenarnya sudah mulai dikembangkan oleh beberapa operator telekomunikasi mulai dari XL, Telkomsel, Indosat, Tri hingga Smartfren. Salah satu pertimbangannya adalah terkait biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk mendapatkan kecepatan akses 10 kali lipat dibanding 4G, Anda harus membayar dengan biaya yang lebih mahal, yakni mencapai 3 kali lipat dari jaringan 4G. hal ini tentu menjadi salah satu kendala utama yang terus menerus sedang dicari jalan tengahnya.

Jadi, sudah siapkah Anda dengan teknologi 5G di Indonesia yang akan segera diterapkan?

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.