Alat yang Lahir dari Teknologi Sistem Pernapasan

Manusia hidup dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida menggunakan sistem pernapasan. Oleh karena itu jika sistem pernapasan terganggu maka sangat tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. Terganggunya sistem pernapasan tidak hanya disebabkan oleh penyakit tapi juga bisa disebabkan oleh udara yang tidak sehat untuk dihirup. Berikut ini ada beberapa alat yang lahir dari teknologi sistem pernapasan. 

1. Oxygen Concentrator

Teknologi Sistem Pernapasan -Hotekno.com

Bagi Anda yang kerap sekali mengalami gangguan sistem pernapasan, teknologi terbaru berikut ini bisa membantu Anda bernapas lebih lega. Oxygen concentrator ini merupakan alat yang mampu menghasilkan kandungan oksigen yang murni. Alat ini digunakan untuk membantu peningkatan kadar oksigen yang ada di dalam darah sehingga pernapasan Anda lebih lancar. 

Cara kerja alat ini adalah dengan menyerap udara bebas yang berasal dari lingkungan di sekitar kemudian nitrogen dan zat lainnya dipisahkan dengan menggunakan filter udara yang ada pada alt tersebut. Lalu oksigen murni yang tertinggal dapat ditransfer melewati selang yang terhubung langsung ke saluran pernapasan Anda. Jenis alat yang menghasilkan udara sehat ini terbagi dua yakni portabel dan static. Alat portabel bisa Anda bawa ke mana saja sedangkan static tidak bisa, jadi Anda tinggal memilih ingin memiliki teknologi terbaru yang mana untuk kenyamanan Anda sendiri. 

2. Oximeter

Teknologi Sistem Pernapasan -Hotekno.com

Selanjutnya ada alat terbaru yang termasuk teknologi sistem pernapasan yakni oximeter. Alat ini dapat membantu Anda dalam bernapas dengan fungsinya yang bisa mengukur kandungan oksigen yang ada di dalam darah. Jika dilihat sekilas bentuknya cukup simple yakni seperti jam tangan namun alat ini cukup membantu Anda. Nantinya alat akan dihubungkan menggunakan sensor agar berfungsi sebagai pengukur kadar oksigen yang ada di seluruh jari Anda. Setelah itu kadar oksigen yang ada dalam darah Anda akan langsung tertera pada layar dari alat tersebut. Jika Anda kekurangan oksigen maka Anda bisa minta penambahan oksigen pada klinik setempat atau mencari udara yang lebih segar untuk kelancaran sistem pernapasan. 

Baca Juga :  Pengertian Dan Fungsi Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

3. Nebulizer

teknologi terbaru

Nebulizer merupakan alat yang memiliki fungsi guna mengubah wujud obat asma yang sebelumnya cair kemudian diubah menjadi gas. Aliran gas ini nantinya akan disalurkan melalui selang menuju saluran pernapasan. Kemampuan alat ini dilihat dari caranya menembak langsung gas dari obat asma ke bagian organ paru-paru sehingga efeknya langsung dapat dirasakan. 

4. CPAP

Teknologi Sistem Pernapasan

Continuous Positive Airway Pressure atau CPAP ini merupakan alat yang digunakan khusus untuk pasien yang mengidap sleep apnea. Penderita sleep apnea menderita kesulitan bernapas ketika tidur karena terdapat penyumbatan pada bagian saluran pernapasan sehingga tidak stabil pusat kendali pernapasannya. Saat hal itu terjadi, pasien apnea akan bangun secara tiba-tiba dan langsung terasa sesak ketika bernapas.  Oleh karena itu pasien apnea sulit untuk tidur. teknologi sistem pernapasan CPAP ini dapat membantu pasien tidur dengan lelap karena udara yang disalurkan melalui alat yang diletakkan di bagian wajah serupa dengan topeng. Topeng inilah yang nantinya dikenakan ketika mereka tidur. Alat ini juga dapat mengurangi dengkuran ketika pasien apnea tidur. 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.